Cheng#Taufiq_Ads

Menu

about

Kamis, 28 Februari 2013

KRPAI 2013

KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) merupakan ajang adu keterampilan dalam mendesain, merakit, dan memprogram robot yang di selenggarakan oleh pemerintah indonesia. Sebelumnya kontes ini dikenal dengan KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia). Robot yang dilombakan ini, memiliki misi untuk memadamkan api di track berupa labirin.
berbagai aspek diperhitungkan guna memenangkan persaingan dengan peserta lainnya yang dikirimkan dari berbagai universitas di Indonesia.
Aspek yang diperhatikan antara lain;
1. Mekanika (Bahan, Material, Motor, Desain, Ukuran, Ketebalan, dll)
2. Elektronika (Rangkaian, Komponen, Sensor, Battery/Supply, dll)
3. Programing (Algoritma, Bahasa Pemrograman, dll)

Aspek diatas ditujukan agar perencanaan pembuatan robot dapat berjalan dengan lancar, karena untuk membuat robot jenis ini, perlu sistem yang saling terkait. Karena di dalam lomba dipertarungkan antara robot satu dan lainnya dan dibutuhkan robot yang paling cepat, cerdas, dan stabil di berbagai medan.


Universitas Diponegoro Semarang Melepaskan dua tim robot dengan kategori beroda dan berkaki.
penulis sendiri kebetulan merupakan bagian dari tim robot beroda. so let's enjoy it.

RPAI Beroda 2013 Universitas Diponegoro


RPAI Berkaki 2013 Universitas Diponegoro

Jumat, 23 Maret 2012

Poster Langkah-Langkah Pembuatan Pupuk Kompos


Langkah-langkah  Pembuatan Pupuk Kompos :
1. Pemisahan sampah
Pisahkan sampah organik dari sampah anorganik (plastik, kaleng, karet). Sampah organik
berupa sisa makanan, kulit buah, sisa sayuran. Sampah yang berukuran besar di potong/
dicacah.

2. Pencampuran
Isi wadah dengan kompos lama setinggi 1/3, selanjutnya sampah dapur dimasukkan. Bahan diaduk. Bahan bisa ditambah serbuk gergaji atau pupuk kandang dan organisme perombak limbah/ragi kompos (Tricholant). Tutup wadah dengan karung/plastik

3. Pematangan
Aduk sampah setiap 7 hari, selama prosesberlangsung suhu bahan berkisar 30-70oC, memasuki minggu ke 5 atau 6, kompos sudah jadi, cirinya tidak berbau busuk, berbau tanah, warna coklat kehitaman dan suhu 30-32oc.

4. Pengayakan dan Pengemasan
Kompos yang sudah matang di ayak untuk memperoleh hasil seragam dan dikemas dalam
plastik. Pengendalian Kualitas Pupuk Kompos Untuk mendapatkan pupuk kompos yang baik
beberapa fisik bahan yang dapat dilihat secara visual dan dirasakan antara lain sebagai berikut:
1. Warna kompos coklat kehitaman.
2. Tidak berbau busuk atau menyengat, tetapi berbau tanah tanah
3. Berbutir halus, lunak ketika dihancurkan dengan jari-jari tangan.
4. Selama dalam pengomposan suhu bahan organik berkisar 30-70 oC.
5. Kelembahan bahan organik berkisar 40-60 oC.
6. Derajat kemasaman pH kompos berkisar antara 6,5-7,5.
 

Sabtu, 17 Desember 2011

Tuturial Membuat Logo “Juventus” -- Menggunakan Corel Draw


kali ini saya ingin sharing mengenai design dengan menggunakan corel draw. Corel draw adalah sebuah software design grafis yang berbasis vektor. Sebagai contoh pembuatannya berikut merupakan tutorial pembuatan logo "Juventus". Sebenarnya ini tugas sekolahan sih, tapi dari pada diem di harddisk aja mending saya share walaupun hasilnya tidak terlalu sempurna (masih belajar juga).
 
   Langkah - Langkahnya: 
      1. Aktifkan Ellipse Tool (F7) kemudian buat objek elips dan beri warna seperti pada gambar berikut,
 

2. Kemudian buat objek elips yang kedua, tapi ukurannya lebih kecil dengan diberi warna putih dan letakan ditengah elips yang sebelumnya.
 
    3. Selanjutnya gabung kedua objek tersebut dengan posisi elips putih berada di atas. Agar tepat berada di tengah-tengah: Drag kedua Objek (elips oren dan putih), kemudian tekan huruf P pada keyboard. Sehingga menjadi seperti pada gambar.

      4. Aktifkan Graph paper tool (D) atur dengan columns = 7 dan rows = 1  pastikan snap to object sudah di centang (View-Snap To Object). Kemudian sesuaikan graph dengan objek, sehingga menjadi seperti gambar.

 
    5. Drag secara keseluruhan graph tersebut dengan menggunakanPick Tool kemudian pilih Intersect   pada toolbar kemudian delete Graph paper-nya.
6. Pilih setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U) atau pada menu Arrange-Ungroup dan beri warna hitam pada bagian seperti pada gambar berikut (dengan cara men-drag warna pada color palette ke bagian yang ditentukan / sesuai dengan gambar).

 


  7.  Buat objek segi empat dengan dua lengkungan di atas dan bawahnya yang diletakkan pada tengah objek inti agak keatas. Kemudian drag dengan menggunakan Pick Tool  selanjutnya pilih Intersect  pada toolbar, kemudian delete objek dasar segi empat-nya. (objek hasil intersect)
(setelah disatukan dengan objek inti / main object)


   8. Selanjutnya buat text / tulisan “JUVENTUS” menggunakan text tool (F8)kemudian gunakan fasilitas Fit Text To Path yang berada pada Menu Text, sesuaikan ukuran dan jenis teks dengan bidang .
Sehingga menjadi seperti pada gambar.
   9. Buat objek “singa” dan latar berbentuk, kemudian digabung sehingga menjadi .

   10.  Letakkan gambar “singa” pada main object, sehingga menjadi gambar,  seperti :

    11.  Kemudian buat objek berbentuk “mahkota”seperti gambar. kemudian buat lingkaran kecil yang diberi warna hitam, kemudian diletakkan pada objek tersebut, sehingga menjadi seperti gambar. 

    12.  Letakkan gambar “mahkota” pada main object, sehingga menjadi gambar, seperti :

    13.  Buat dua objek berbentuk bintang, kemudian diletakkan di atas main object.



     14.  Hasil gambar (logo JUVENTUS)akhir menjadi seperti pada gambar.