Cheng#Taufiq_Ads

Menu

about

Minggu, 18 Januari 2015

Sensor Untuk Mendeteksi Api Pada Jarak Tertentu

Kali ini saya akan membahas tentang sensor-sesnsor yang dapat mendeteksi api, kebanyakan dari sensor ini pendeteksiannya berdasarkan intensitas cahaya yang dipancarkan api, sementara api juga memancarkan sinar ultraviolet. Metode ini lebih banyak digunakan dibanding menggunakan metode pendeteksian panas atau suhu. Karena dalam pendeteksian menggunakan suhu sangat sulit ketika digunakan pada ruang terbuka atau pun ruang yang luas dengan jarak api dan sensor yang cukup jauh. Hal ini mengakibatkan sensitivitas sensor yang kurang baik dibandingkan dengan metode pendeteksian sinar ultraviolet atau cahaya yang dipancarkan oleh api.

Beberapa contoh sensor api yang bisa digunakan yaitu:

1.       TPA-81 thermopile array

TPA81 dikeluarkan oleh devantech, TPA-81 ini, dapat mendeteksi sinar infra merah dengan panjang gelombang 2um-22um (1mikro meter = sepersejuta meter). Panjang gelombang ini dihasilkan oleh benda-benda  yang panas. Oleh karena yang  dideteksi  adalah  radiasi  panasnya  saja,  maka  TPA81  dapat  mengukur  suhu  tanpa  harus menyentuh sumber panas. Sebagai gambaran, TPA81 dapat mendeteksi suhu api lilin dalam jarak 2 meter tanpa terpengaruh cahaya ruangan.

Sensor TPA-81

     prinsip kerja sensor ini, memiliki 8 pixel dan setiap pixelnya tersusun secara paralel dan dapat mendeteksi intensitas radiasi api,  masing-masing  memiliki  sudut  pandang  (Field  of  View)  5.12
derajad terhadap sumbu horizontal dan 6 derajad terhadap sumbu vertikal. Jadi total sudut pandangnya adalah 41derajad dengan 6 derajad.

cara akses sensor ini, yaitu dengan menggunakan komunikasi I2C dengan menggunakan beberapa perintah-perintah pengambilan data yang telah dicantumkan di datasheet yaitu dengan menggunkan kode-kode hexadeimal.

2. Uv-Tron

Sensor Uv-Tron ini dikeluarkan oleh Hamamatsu, UV-Tron adalah sebuah sensor yang mendeteksi adanya nyala api yang memancarkan sinar ultraviolet. Pancaran cahaya ultraviolet dari sebuah nyala lilin berjarak 5 meter dapat  dideteksi oleh sensor ini. jangkauan sensor ini cukup luas dibanding TPA-81, namun pendeteksiannya tidak bersegmen seperti TPA-81.

Sensor Uv-Tron

cara kerja sensor ini yaitu dengan memancarkan sinar ultraviolet melalui tabungnya dengan tegangan tinggi dan dapat mendeteksi keberadaan api melalui pulsa-pulsa yang diterima dengan membandingkan cahaya api, semakin banyak pulsa yang masuk maka api dideteksi semakin besar atau dekat.

cara akses sensor ini yaitu dengan menghitung jumlah pulsa atau lebar pulsa yang masuk, dengan mengunakan sampling setiap beberapa mili detik dibaca berapa pulsa yang diterima dengan menggunakan array++; dan setiap timer selesai sekian mili detik maka array=0; maka didapat nilai array sesuai dengan intensitas api yang dibaca. atau dapat juga dibaca lebar pulsa (per satu pulsa) berapa ultra detik.

demikian sedikit ulasan tentang sensor api,
terima kasih 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar